Rabu, 06 Mei 2020

Cara Pendaftaran Ulang SOTN 2020/2010

Cara Pendaftaran Ulang SNMPTN 2020/2021

Melakukan pendaftaran ulang SNMPTN adalah hal yang wajib kamu lakukan. Pada tahun 2019 lalu, jadwal pencetakan ulang kartu pendaftaran 25 Maret 2019 25 April 2019. Namun, tahun 2020 ini jadwalnya akan berbeda. Cara mengetahui pengumuman SNMPTN cukup mudah. Kamu hanya perlu memasukkan nomor pendaftaran atau NISN dan tanggal lahir.
Proses pendaftaran ulang SNMPTN dilakukan di PTN tempat calon mahasiswa yang lulus seleksi. Jadi, perlu kamu ketahui bahwa setiap PTN memiliki cara pendaftaran ulang yang berbeda. Terdapat PTN yang mengharuskan pendaftaran secara online, namun ada pula yang mengharuskan pendaftaran secara offline. Berikut ini adalah cara pendaftaran ulang SNMPTN 2020 secara umum.
  1. Mengisi formulir pendaftaran ulang secara online. Formulir dapat kamu peroleh di Perguruan Tinggi Negeri yang kamu pilih. Jika kamu dinyatakan lulus SNMPTN di Universitas Brawijaya, ketika daftar ulang kamu wajib login ke website resmi Universitas Brawijaya. Gunakan nomor pendaftaran serta tanggal lahirmu.
  2. Mengisi biodata diri atau mengupdate biodata yang sudah ada. Pastikan bahwa data yang kamu isi sudah lengkap dan benar.
  3. Simpan biodata yang sudah diisi, kemudian cetak formulir pendaftaran online.
  4. Akan muncul jumlah biaya pendidikan Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang harus kamu bayar.
  5. Lakukan pembayaran UKT di bank yang ditunjuk PTN atau melalui metode lain yang direkomendasikan.
  6. Menyerahkan data registrasi ulang pada universitas.
  7. Mengikuti tes kesehatan di universitas masing-masing sesuai jadwal. Biasanya, kampus akan menunjuk lokasi untuk tes beserta jenis tes yang harus dilakukan.
  8. Membuat Kartu Tanda Mahasiswa.
  9. Menyerahkan kelengkapan dokumen lain yang diminta universitas.
  10. Mengikuti masa orientasi awal untuk mengetahui kehidupan kampus.
  11. Mengikuti kegiatan perkuliahan perdana dan seterusnya.

Data Yang Diserahkan

  • Fotokopi bukti pembayaran Uang Kuliah Tunggal. Apabila kamu adalah pendaftar dari jalur Bidikmisi, bukti pembayaran tidak perlu diserahkan. Namun, kamu perlu melampirkan beberapa dokumen pendukung seperti Surat Keterangan Tidak Mampu dari kelurahan. Lampirkan pula Kartu Keluarga, slip pembayaran rekening listrik selama dua bulan, slip gaji orang tua (jika ada), serta berkas lainnya.
  • Kartu tanda peserta SNMPTN dalam bentuk cetak.
  • Pas foto (ukuran 3×4 dan 4×6)
  • Ijazah atau Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) bagi yang belum memiliki ijzah.
  • Rapor Sekolah Menengah Atas (SMA) asli dan fotokopi
Tentunya informasi pendaftaran ulang tersebut bersifat umum. Kamu perlu memastikan detail tahapan yang harus dilalui dari website resmi masing-masing universitas. Jika pengumuman terkait daftar ulang belum tercantum, hubungi pihak kampus dari informasi kontak. Kamu dapat bertanya melalui telepon atau email.

Syarat Pendaftaran Ulang SNMPTN 2020/2021

Daftar ulang SNMPTN bisa kamu lakukan setelah diterima di Perguruan Tinggi Negeri yang kamu pilih. Namun, jangan lupa untuk memenuhi syarat pendaftaran ulang agar prosesnya dapat berjalan lancar. Beberapa syarat daftar ulang SNMPTN 2020/2021 yang harus kamu lakukan adalah pengumpulan dokumen serta berkas. Siapkan dokumen dan berkas berikut ini:
  1. Formulir pendaftaran ulang.
  2. Fotokopi bukti pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) bagi mahasiswa reguler.
  3. Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM), Kartu Keluarga (KK), slip pembayaran rekening listrik selama 2 bulan terakhir, slip gaji orang tua (jika ada). Syarat tersebut diperuntukkan bagi mahasiswa Bidikmisi.
  4. Kartu cetak SNMPTN
  5. Pas Foto (3×4 dan 4×6)
  6.  Ijazah atau Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN)
  7. Rapor SLTA asli dan fotokopi
Ikuti alur daftar ulang yang ditetapkan masing-masing Perguruan Tinggi Negeri. Setelah semua berkas terkumpul, kamu bisa mengikuti tahap selanjutnya.

Perbedaan Waktu Daftar Ulang SNMPTN 2020/2021

Tidak semua Perguruan Tinggi Negeri memberikan waktu yang sama ketika daftar ulang. Setelah kamu diterima di PTN, langsung cari tahu informasi selanjutnya. Pantau website resmi universitas serta sosial media yang masih berkaitan. Apabila ada hal yang belum kamu pahami, jangan sungkan atau malu untuk bertanya pada pihak kampus.
Demikian ulasan mengenai jadwal dan cara pendaftaran ulang SNMPTN tahun 2020. Setelah diterima di Perguruan Tinggi idaman, kini saatnya kamu bersiap merantau. Jangan khawatir pada tempat tinggal selama berada di perantauan. Dengan adanya Mamikos sebagai aplikasi pencari kost terbaik, hunian nyaman di seluruh Indonesia bisa kamu dapatkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar